Mengajar, Meneliti, dan Mengabdi

Beranda » Bimbingan » Skripsi (S1)

Skripsi (S1)

Judul Skripsi dan Nama Mahasiswa Bimbingan Skripsi serta tahun lulusnya. Bagi mahasiswa yang dibimbing tetapi namanya tidak tercantum mohon memberikan informasi pada halaman komentar.

  1. Penerapan problem posing untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam diskusi kelas pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel di kelas IIE SLTPN I Manyar Gresik (Badiul Laily, 2003)
  2. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif dalam Pengajuan Masalah dengan informasi gambar:Penerapan Teori Wallas (Yeva Kurniawati, 2005)
  3. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI
    PEMECAHAN MASALAH TIPE ”WHAT’S ANOTHER WAY (Whidia Novitasari, 2007)
  4. Identifikasi Memori Siswa dalam Meyelesaikan Soal Cerita Matematika pada sub materi keliling dan Luas Segiempat di SMP N 1 Wringinanom (Suisti Wahyuni, 2009)
  5. Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah (Suwidiyanti, 2009).
  6. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika Melalui Permainan Barsambi di Kelas IV B SD Al Falah Surabaya (Siti Nuryatin, 2009)
  7. Pengembangan Mobile Learning Application (MLA) sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Pokok Bahasan Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar (Wulan Marlia Sandi, 2012)
  8. Kreativitas Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD (Dimas Femy Sasongko, 2012)
  9. Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended di SMA N 1 Sidoarjo (Syamsiatus Sholichah, 2012)
  10. Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Yuly Dwi Lestari, 2012)
  11. Pengembangan Permainan Edukasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Himpunan (Neny Faizah, 2012)
  12. Analisis Pengajuan Soal Siswa SMPN 15 Surabaya berdasarkan gaya Kognitif Refleksif-Impulsif (Nizar Nur Ubaidillah,2012)
  13. Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Mengkomunikasikan Ide Penyelesaian Masalah Terbuka/open ended (Erni Dwi Jayanti, 2013)
  14. Pengembangan perangkat pembelajaran discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa (Rahmah Dwi Khoirunnisa, 2013)
  15. Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Terbuka berdasarkan Gender (Nur Aida Fithri , 2013)
  16. KEEFEKTIFAN ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN
    SAVI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS AKSELERASI (Nisa Rachmi Istiqomah, 2013)
  17. Kecerdasan logis-matematis siswa SMA IPS/bahasa dalam Memecahkan masalah matematika (Wardatul Hasanah, 2013)
  18. Penalaran siswa dalam menggambar grafik fungsi trigonometri ditinjau dari kemampuan siswa (Nurul Istiqomah, 2013)
  19. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Aljabar Menggunakan Analisis Model Newman (Riska Visitasari, 2013)
  20. Identifikasi Tingkat berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan multiple solution task (Dwitya Budi Anggraeni, 2013)
  21. Fleksibilitas Siswa SD dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan bulat ditinjau dari perbedaan Jenis Kelamin (Nur Alvi Rahmawati, 2013)
  22. IDENTIFIKASI TINGKAT METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA (NUR ALFIYAH, 2014)
  23. PENGARUH KECEMASAN DAN SELF-EFFICACY PADA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KESEBANGUNAN SISWA KELAS IX SMPN 1 PONOROGO (ANNISA DWI KURNIAWATI, 2014)
  24. Pemahaman Siswa dalam PENGAJUAN SOAL CERITA MATERI SPLDV ditinjau tingkat Kemampuan  (FITROTUN NISA’, 2014)
  25. Profil Pemahaman Siswa SMP terhadap Pemecahan Masalah PISA (RAHMAWATI NUR AINI, 2014)
  26. Penalaran Siswa dalam Menggambar Grafik fungsi Kuadrat  (WULAN AYU RAHMAWATI, 2014)
  27. Pemahaman Siswa dalam penaksiran operasi bilangan bulat (DEFI INDAH PERMATASARI, 2014)
  28. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif pada Materi Aritmatika Sosial untuk Kelas VII (AMIRUL KHUMAINI SHOLLI, 2014)
  29. PENGARUH pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah terhadap kemampuan metakognitif  siswa dalam memecahkansoal cerita MATERI ALJABAR KELAS VIII SMP (NUR ENDAH PURNANINGSIH, 2014)
  30. PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN (SANGUINIS, KOLERIS, MELANKOLIS, DAN PHLEGMATIS) (Camelina Fitria, 2014).
  31. PENERAPAN PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK (Neva Nerissa Arviana, 2014)
  32. Pengaruh Keyakinan diri, kesadaran diri, dan pengetahuan tentang kognitif siswa terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Supriadi, 2015)
  33. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SOLUSI ALTERNATIF UNTUK SISWA SMP KELAS VII DALAM PEMECAHAN MASALAH TENTANG SEGIEMPAT DAN SEGITIGA (Ichwanu Toyib, 2015)
  34. Profil Penalaran Analogi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah ditinjau kemampuan Matematika (Nur Putri Inayanti L, 2015)
  35. Eksplorasi metakognisi melalui strategi Self Questioning dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika (Nurul Azizah D.W.. 2015)
  36. Profil Fleksibilitas Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah ditinjau gaya kognitif FI-FD (Jatu Shinta  Dewi, 2015)
  37. Profil Pemahaman Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa ditinaju dari Tingkat Keyakinan Matematika Siswa (Afrilia Tino Saputri, 2015)
  38. PENGEMBANGAN APLIKASI INTERAKTIF MATHEMATICS MOBILE LEARNING DENGAN MATERI PELUANG UNTUK SISWA KELAS IX SMP (Wuri Loka Handayani, 2015)
  39. Implementation of Teaching Mathematics for Social Justice Integrated with P4QR learning technique is Statistic of Junior High School (Gilang Ramadani S, 2015)
  40. Identifikasi ketidakpahaman siswa SMP dalam Menyelesaikan soal cerita Aljabar (Kharitsa Aulia, 2015)
  41. Investigasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematika (Ijtihadi Kamilia Amalina, 2016)
  42. PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH TIPE POST SOLUTION POSING (Ririn Purwanti Kumalasari, 2016)
  43. PROFIL KOMPLEKSITAS SOAL YANG DIBUAT SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH (Deny Agus Dwianto, 2016)
  44. TAHAP PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH TIPE PRE SOLUTION POSING (ANISATUL MUJTAHIDAH, 2017)
  45. PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF (MIFTAKHUL IMAMA, 2017)
  46. PENERAPAN METODE PENGAJUAN MASALAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (TITIS WULAN YULIANI, 2017)
  47. PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA (MAULANA AL-GHOFIQI, 2017)
  48. Eksplorasi Keterampilan Pengajuan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VII dalam Mereformulasi Masalah (DITHA WAHYU ARFIANI, 2017)
  49. IMPROVING STUDENTS’CREATIVE THINKING ABILITY THROUGH PROBLEM POSING-GEOGEBRA LEARNING METHOD (Tressyana Diraswati Novianggraeni, 2017)
  50. STUDENTS’ MATHEMATICAL REASONING IN POSING MATHEMATICAL PROBLEM IN SEMI-STRUCTURED SITUATION (Ardian Dwi Kusuma Mukti, 2017)
  51. Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Mengajukan Masalah Matematika Berdasarkan Informasi Gambar dan Verbal (Novita Tarbiatin Niswah, 2017)
  52. PENALARAN ADAPTIF SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENGAJUKAN SOAL MATEMATIKA (Ihda Farihatus Sa’diyah, 2018)
  53. Profil Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika (Ashdaq Fillah FR, 2018)
  54. PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN INFORMASI VERBAL DAN GAMBAR (Ari Sandi Setiawan, 2018)
  55. NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL Matematika (Elok Fatima Azzahro, 2018)
  56. STUDENT’S MATHEMATICS CONCEPTUAL UNDERSTANDING: THE EFFECT OF PROBLEM POSING LEARNING ASSISTED VISUAL STUDIO APPLICATIONS (Muhammad Habib Manan, 2018)
  57. STUDENTS’ CREATIVE THINKING PROCESS IN POSINGMATHEMATICAL PROBLEM VIEWED FROM GENDER (Muhammad Royhan, 2018)
  58. PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER (Dwi Ayu Septyani, 2018)
  59. PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH BERDASARKAN INFORMASI VERBAL DAN GAMBAR (Dhea Ismi Prameswari, 2018)

13 Komentar

  1. ahmadi hetsugaya berkata:

    pak, kira – kira berpikir kreatif dalam pemecahan masalah suatu materi dapat ditinjau dari apa saja ???
    bingung cai judul skripsi…

    Suka

  2. ahmadi hetsugaya berkata:

    kalo’ dilihat dari jenis kelamin boleh apa tidak ya?

    Suka

  3. rahma berkata:

    pak kalau mau beli bukunya metode penelitian harganya berapa??ongkir ke ngawi berapa

    Suka

  4. ranny berkata:

    pak kalau teori yang mengatakan bahwa problem posing bisa dipakai untuk melatih pemahaman konsep matematika ada tidak pak?

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Silakan baca lebih lanjut https://englishunesa.academia.edu/TatagSiswono

      Dari berbagai sumber seperti Ellerton, Silver, Brown, dll mengatakan bahwa dengan pengajuan masalah siswa belajar kembali materi-materi yang baru dipelajari, sehingga lebih memahami materi. Coba bayangkan ketika kita diminta membuat masalah atau soal, maka pasti kita akan berpikir untuk membuat soal yang terbaik. jika materi belum dikuasai akan mendorong belajar terhadap materi tersebut dan jika sudah menguasai, maka akan mendorong ide untuk belajar lebih lanjut. Dengan demikian dapat disimpulkan problem posing dapat melatih pemahaman konsep.

      Suka

  5. ranny berkata:

    terima kasih banyak pak

    Suka

  6. Fitra Maharani berkata:

    Pak saya mau bertanya buat format validasi soal TPS (Tugas Pengajuan Soal) itu bagaimana ya?
    Karena soal TPS hanya informasi berupa gambar segitiga dan siswa bisa membuat soal dan penyelesaiannya sndri.

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Format disesuaikan dengan tujuan peneliti misalkan pada indikator akan menilai kualitas gambar, maka pada uraian validasi disebutkan: Gambar terdapat informasi-informasi matematis yang dapat dikembangkan menjadi suatu soal. Semoga sukses

      Suka

  7. Fitra Maharani berkata:

    Pak..saya maw tanya..adakah kajian bab 4 yang bisa unduh untuk referensi saya..karena skripsi saya berjudul analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas problem posing ditinjau dari kemampuan matematika siswa… saya bingung pak mw analisisnya bagaimana..mohon bantuannya..terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan ke tatagyes Batalkan balasan