Mengajar, Meneliti, dan Mengabdi

Beranda » Karya Tulis

Karya Tulis

Bagian ini akan menyajikan informasi tulisan yang sudah dikembangkan seperti buku, makalah, atau tulisan bentuk lain.

  1. Volum dan Luas Sisi Bangun Ruang, Proyek Penulisan Buku SLTP Kategori Konstektual Cawu 1 , Dikmenum , 2000
  2. Pendalaman Bahan Ajar, Buku Panduan Pelatihan Guru Inti  Tambahan terkait dengan Pembentukan local Education Center (LEC),  Kediri,  29 Oktober – 20 Desember 2000
  3. Trigonometri (Diktat matakuliah di IAIN “Sunan Ampel” Surabaya). March 2000
  4. Pengajuan Soal (problem posing) dalam pembelajaran Matematika di Sekolah (Implementasi Hasil Penelitian). Makalah seminar Nasional Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah, 25 Maret 2000 di Universitas Negeri Malang.
  5. Pengajuan Soal (problem posing) oleh Siswa dalam pembelajaran Geometri di SLTP. Makalah Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”, 2 Nopember 2000 di ITS Surabaya
  6. Problem Posing : Sebuah Alternatif Pembelajaran Yang Demokratis. Makalah Seminar  “Transformasi Pegawai Negeri Sipil Menuju Masyarakat Yang Demokratis”, Oktober 2000 di Pangkalan Angkatan Laut Malang
  7. Pendalaman pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan kubus dan balok. Makalah Pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari Kalsel, Kaltim, Sulut, Sulteng, Sultra dan Gorontalo, tanggal  9 s.d. 22 Oktober 2001 di Pusdiklat Wilayah IV Surabaya oleh Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
  8. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL). Makalah Pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari Kalsel, Kaltim, Sulut, Sulteng, Sultra dan Gorontalo, tanggal 20 Juni s.d. 6 Juli 2001 di Pusdiklat Wilayah IV Surabaya oleh Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional
  9. Barisan dan Deret Bilangan, Proyek Penulisan Buku SLTP Kategori Konstektual cawu 3, Dikmenum , 2001
  10. Penilaian Autentik, Makalah Pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari Kalsel, Kaltim, Sulut, Sulteng, Sultra dan Gorontalo, tanggal   9  s.d. 22 Oktober 2001 di Pusdiklat Wilayah IV Surabaya oleh Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
  11. Kubus dan Balok, Proyek Penulisan Buku SLTP Kategori Konstektual  Cawu 2, Dikmenum , 2001
  12. Pendalaman pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan volum dan luas sisi bangun ruang. Makalah Pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari Kalsel, Kaltim, Sulut, Sulteng, Sultra dan Gorontalo, tanggal 20 Juni s.d. 6 Juli 2001 di Pusdiklat Wilayah IV Surabaya oleh Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
  13. Identifikasi konsep pembelajaran kontekstual dalam perangkat pembelajaran volum dan luas bangun ruang untuk SLTP kelas III cawu 1. (Hasil pengembangan perangkat pembelajaran MIPA untuk peningkatan mutu SLTP Jakarta-dikmenum). Makalah pada workshop pendalaman materi contextual learning 17-19 Juni 2001.
  14. Implementasi pendekatan realistik dalam pembelajaran Matematika.Makalah seminar nasional “realistic Mathematics Education (RME)”, 24 Pebruari 2001 di UNESA Surabaya.
  15. Implementasi Portfolio dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pelatihan TOT untuk instruktur/guru dan Dosen dari 24 propinsi di Bogor, Surabaya dan Medan, September s.d. Nopember 2002 oleh Direktorat SLTP melalui Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Penilaian Unjuk Kerja (Performance). Makalah Referensi dalam Overseas Fellowship Program Contextual Learning Materials development, Proyek Peningkatan Mutu SLTP Jakarta oleh Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional kerjasama dengan University of washington College of education, UNESA Surabaya, UM Malang dan LAPI-ITB.
  17. Matematika untuk SLTP Jilid 1, kurikulum berbasis kompetensi. 2002. ISBN 979-3082-18-6. Jakarta: Esis imprint Penerbit Erlangga (Buku)
  18. Matematika untuk SLTP Jilid 2, kurikulum 1994 suplemen 1999. 2002. ISBN 979-3082-19-4. Jakarta: Esis imprint Penerbit Erlangga (Buku)
  19. Matematika untuk SLTP Jilid 3, kurikulum 1994 suplemen 1999. 2002. ISBN 979-3082-20-8. Jakarta: Esis imprint Penerbit Erlangga (Buku)
  20. Proses Berpikir Siswa dalam Pengajuan Masalah (Jurnal Nasional “MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya”, Tahun VIII. ISSN: 0852-7792)
  21. Penilaian Authentic dalam pembelajaran Kontekstual (Jurnal Nasional “MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya”, Tahun VIII. ISSN: 0852-7792)
  22. Pembelajaran Kontekstual Bidang Studi Matematika di SLTP dalam Kurikulum berbasis Kompetesi. (Seminar Nasional Pendidikan  Matematika dan Sains, Universitas Negeri Malang and JICA-IMSTEP). 5 Agustus 2002
  23. Pendekatan Pembelajaran Matematika yang Relevan dengan KBK. Makalah Diklat KBK Guru Mata Pelajaran (Matematika) SLTP/MTs Kabupaten Sampang, 22-23 Desember 2003
  24. Kesebangunan. Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang meliputi LKS dan Kunci LKS, Transparansi, Silabus, dan Penilaian. Proyek Perluasan dan peningkatan Mutu Dinas DIknas Propinsi Kalimantan Timur. April 2003
  25. Bangun Ruang Sisi Tegak. Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang meliputi LKS dan Kunci LKS, Transparansi, Silabus, dan Penilaian. Proyek Perluasan dan peningkatan Mutu Dinas DIknas Propinsi Kalimantan Timur. April 2003
  26. Penilaian Berbasis Kelas dalam Matematika. Makalah presentasi di Yayasan Buah Hati, 9 Juli 2003
  27. Contoh Perangkat Pembelajaran Matematika SLTP Berpandu Kurikulum Berbasis Kelas. Makalah Pelatihan Pembelajaran MIPA SD, SLTP, dan  SMU Cita Hati, Yayasan Buah Hati, 3-4 April 2003 di Pusat Sains dan Matematika Sekolah Pascasarjana UNESA
  28. Pendekatan Pembelajaran Matematika. 2004. Modul Pelatihan Terintegrasi Training of Trainer (TOT) guru SMP di 30 propinsi di Indonesia. Direktorat Pendidikan Sekolah Lanjutan Pertama, Departemen pendidikan Nasional
  29. Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. ( 2004). Jakarta: Balai Pustaka
  30. Contoh Perangkat Pembelajaran Matematika SD, SMP dan SMA. Pelatihan Kurikulum Berbasis kelas Bagi Guru Matematika SD, SLTP, SMU Sekolah yayasan Surabaya, 5-7 Maret 2004. Pusat Sains dan Matematika Sekolah
  31. Model Penilaian Mata Pelajaran Matematika untuk Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Makalah Pelatihan Guru SD, SMP, SMA dan SMK Pemerintah Kota Surabaya, Lembaga Pengabdian Masyarakat Unesa, 8-11 Desember 2004
  32. The Challenges of Indonesian Mathematics Teacher to Face New Curriculum. Paper presented on discussion in Department of Science and Mathematics Education, University of Melbourne, 28th May 2004
  33. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana , Denpasar, Bali. 23-27 July 2004
  34. Penerapan Pendekatan Pembelajaran kontekstual untuk mengatasi Kesulitan Siswa dalam Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Tegak di Kelas I SLTP Negeri 6 Sidoarjo. Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana , Denpasar, Bali. 23-27 July 2004
  35. Problem Posing: Melatih Kemampuan Mahasiswa dalam Membangun Teorema. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Aplikasi MIPA. Universitas Negeri Yogjakarta, 2 Agustus 2004
  36. Identifying Creative Thinking Process of Students through Mathematics Problem Posing. International Conference on Statistics and Mathematics and Its Application in the Development of Science and Technology, Bandung Islamic University, October 4-6, 2004
  37. Bahasa dan Matematika: Pengalaman Observasi di kelas PMRI (Buletin PMRI Edisi IV-April 2004
  38. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam  Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2, Oktober 2004.  Prodi Pend. Mat. FKIP UNPATTI Ambon. ISSN: 1412-2278
  39. Identififikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika dengan Informasi berupa Gambar: Penerapan Model Wallas. Jurnal Nasional “MATEMATIKA, Jurnal Matematika atau Pembelajarannya”, Tahun XI, Nomor 1, April 2005 .  ISSN: 0852-7792
  40. Menilai Kreativitas Siswa dalam  Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Peranan Matematika dan terapannya dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia” di jurusan matematika FMIPA Unesa, 28 Pebruari 2005.
  41. Menilai dalam Proses Pembelajaran. Buletin PMRI. Edisi VI Pebruari 2005
  42. Dampak Pengiring PMRI. Buletin PMRI. Edisi VII Juni 2005
  43. Student Thinking Strategies in Reconstructing Theorems. In Proceeding of the 29th Confererence of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. University of Melbourne, Australia, July 10-15, 2005. p. 4.193-200
  44. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.
  45. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal terakreditasi “Pancaran Pendidikan”, FKIP Universitas Negeri Jember. Tahun XIX, No. 63, April 2006. ISSN 0852-601 X, hal 495-509
  46. PMRI: Pembelajaran Matematika yang Mengembangkan Penalaran, Kreativitas, dan Kepribadian Siswa. Makalah workshop di SD “Nurul Rohmah” Sidoarjo, 8 Mei 2006
  47. Implementasi Teori tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Makalah Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 24-27 Juli 2006
  48. Penggunaan Strategi Pengajuan Masalah untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Membuktikan Teorema. Jurnal terakreditasi “Pancaran Pendidikan”, FKIP Universitas Negeri Jember. Tahun XX, No. 65, April 2007. ISSN 0852-601 X,
  49. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Simposium Nasional Penelitian Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta, Tanggal 25-26 Juli 2007
  50. Pembelajaran Matematika Humanistik yang Mengembangkan Kreativitas Siswa. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika “Pembelajaran Matematika yang Memanusiakan Manusia” di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta, 29-30 Agustus 2007
  51. Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. ISSN:1829-6432. Tahun II No.04, Agustus 2007.
  52. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Malalui Pemecahan Masalah Tipe What’s Another Way. Jurnal Pendidikan Matematika “Transformasi”. ISSN: 1978-7847. Volume 1 Nomer 1 Oktober 2007
  53. Penjenjangan  Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika “Mathedu”. ISSN 1858-344X, Volume 3 Nomer 1 Januari 2008, hal. 41-52
  54. Merancang Tugas untuk mendorong Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika. Seminar Nasional Mahasiswa S3 Matematika Indonesia,  31 Mei 2008 di Jurusan Matematika FMIPA UGM Yogyakarta.
  55. Mencermati Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah. Makalah Simposium Nasional Penelitian Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta, Tanggal 11-14 Agustus 2008
  56. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Vol. 15 No. 1 tahun 2008
  57. Promoting Creativity in Learning Mathematics Using Open-Ended Problems. The 3rd International Conference on Mathematics and Statistic (ICOMS-3), Institut Pertanian Bogor, Indonesia, 5-6 Agustus 2008.
  58. Inovasi Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Seminar Nasional Pendidikan di IKIP PGRI Madiun. Madiun, 25 Januari 2009
  59. Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Matematika di UNEJ, 28 Pebruari 2009
  60. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. ISSN: 1978-1024. Widya Cendika, Jurnal Penelitian Pendidikan di UNESA. Volume 4 No. 2, Desember 2009. Hal.91-110.
  61. Kemampuan Estimasi Guru Sekolah Dasar dalam Operasi Hitung.Forum Kependidikan, FKIP Universitas Sriwijaya. ISSN: 0215-9392. Volume 30 No 1, Juni 2010.Hal.69-78
  62. Leveling Students’ Creative Thinking in Solving and Posing Mathematical Problem. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME). Volume 1 No 1 Juli 2010, ISSN 2087-8885.
  63. PROFESI GURU “MATEMATIKA” DAN PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI,  Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Banjarmasin,  4 Desember 2010. Universitas Lambung Mangkurat
  64. Mengevaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Berpikir Kreatif. Makalah Seminar Regional, 10 April 2010. IKIP PGRI Nusantara Kediri.
  65. Meminimalkan Kesulitan Siswa dalam Belajar Bangun Ruang Sisi Tegak. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 12, No 2, September 2011.
  66. Model  Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan  dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Makalah Seminar Pendidikan Matematika , Surabaya, 16 Januari 2011. SMA Al Hikmah Surabaya
  67. Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. Makalah Seminar Pendidikan Anak Usia Dini di Sidoarjo, 18 Pebruari 2012. Kerjasama Guru PAUD se-kabupaten Sidoarjo
  68. Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika”. Banjarmasin, 7 April 2012. Universitas Lambung Mangkurat.
  69. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Makalah  Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berkarakter”,  Sabtu, 24 NOPEMBER 2012 di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution, UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
  70. Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Tindak Pikir Kreatif. Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo. 20
    November 2013. https://www.academia.edu/5427212/Pembelajaran_Matematika_yang_Menumbuhkan_Tindak_Pikir_Kreatif
  71. Developing Teacher Performances to Improving Students Creative Thinking  Capabilities in Mathematics. International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences 2014 (ICRIEMS 2014), Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University, May 18-21,
    2014. https://www.academia.edu/7966638/Developing_Teacher_Performances_to_Improving_Students_Creative_Thinking_Capabilities_in_Mathematics
  72. Kecenderungan Penelitian Pendidikan Matematika Terkini. Seminar Pendidikan di Universitas Muhamadiyah  Gresik,10 November 2014. https://www.academia.edu/9329758/Kecenderungan_Penelitian_Pendidikan_Matematika_Terkini
  73. Permasalahan Pembelajaran Matematika dan Upaya Mengatasinya. Seminar Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar, 18 Januari 2014.  https://www.academia.edu/5752392/Permasalahan_Pembelajaran_Matematika_dan_Upaya_Mengatasinya
  74. Improving Elementary Teacher  Competency to Develop the Abilities of Students Creative Thinking through Mathematics Problem Posing and Problem Solving Strategy. 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics
    Education. 11-15 May 2015, Cebu City, Philippines. https://www.academia.edu/15895497/Improving_elementary_teacher_competency_to_develop_the_abilities_of_students_creative_thinking_through_mathematics_problem_posing_and_problem_solving_strategy
  75. EXPLORING ELEMENTARY TEACHERS’ BELIEF AND UNDERSTANDING ABOUT MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Manado (UNIMA). August 7-9, 2015, Aryaduta Hotel Manado, Indonesia
  76. An Investigation of Secondary Teachers’ Understanding and Belief on Mathematical Problem Solving.   ICMAME 2015, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 14-15 September 2015.
  77. HOW MATHEMATICALLY LITERATE ARE SECONDARY TEACHERS IN PERFORMING CONTEXT-BASED PROBLEM SOLVING TASK? : A CASE OF INDONESIA. 13th International Congress on Mathematical Education (ICME 13). Hamburg, Germany, 24-31 July 2016
  78. Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Univ PGRI Semarang, 13 Agustus 2016
  79.  Secondary Teachers’ Mathematics-related Belief and Knowledge about Mathematical  Problem Solving. International Seminar of Mathematics, Science and Computer Science Education (MSCEIS) 2016, UPI Bandung. 15 October 2016.
  80. Pembelajaran Matematika yang REALISTIK-HUMANISTIK. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 25 Maret 2017
  81. Searching for Authentic Context in Designing PISA-like Mathematics Problem: From Indoor to Outdoor Field Experience. The 2nd International Joint Conference on Science and Technology (IJCST) 2017. 27–28 September 2017, Bali, Indonesia. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/953/1/012197
  82. Primary school teachers’ beliefs and knowledge about mathematical problem-solving and their performance on problem-solving task. World Transactions on Engineering and Technology Education 15 (2). http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.15,%20No.2%20(2017)/06-Siswono-T.pdf
  83. Context-based problems and how engineering students view and learn mathematics.  Junal terindeks Scopus Q3. WIETE. 2017. http://www.wiete.com.au/journals/WTE&TE/Pages/Vol.15,%20No.4%20(2017)/08-Siswono-T.pdf
  84. Effectiveness of Project Based Learning in Statistics for Lower Secondary Schools. Eurasian Journal of Educational Research. 2018. 75, 197-210.  https://eric.ed.gov/?id=EJ1181463
  85. Designing Tasks to Examine Mathematical Knowledge for Teaching Statistics for Primary Teachers. 2018. Mathematics, Informatics, Science and Education International Conference (MISEIC). 9 September 2017, Surabaya, Indonesia
    https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/947/1/012008
  86. Dilemmatic situations for learning mathematics-related beliefs. The 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC)27–28 June 2018, Banda Aceh, Indonesia. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1088/1/012026
  87. KEMAMPUAN DAN PANDANGAN GURU MATEMATIKA SMP TERKAIT
    BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIK. Prosiding Semnas PPM 2018 1 (1), 745-760.
  88. Developing learning materials supporting teachers’ understanding on mathematics problem-solving knowledge for teaching. Proceedings of the Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018). https://www.atlantis-press.com/proceedings/miseic-18/25905011
  89. Mathematical Creative Thinking and Its Assessment. https://www.researchgate.net/profile/Achaporn_Kwangsawad/publication/327828853_Satisfaction_of_Website_Visitors_about_Mushrooms_Products_Website_in_Community_Enterprise_at_Prachaupkirikhan_Province/links/5ba7227d299bf13e6045fa7d/Satisfaction-of-Website-Visitors-about-Mushrooms-Products-Website-in-Community-Enterprise-at-Prachaupkirikhan-Province.pdf#page=550
  90. AN INNOVATIVE TRAINING MODEL FOR SUPPORTING IN-SERVICE TEACHERS’UNDERSTANDING ON PROBLEM-SOLVING KNOWLEDGE FOR TEACHING.  https://www.researchgate.net/profile/Sommay_Shingphachanh/publication/325110490_Reviewing_the_Effect_in_the_Practice_of_Lesson_Study_Opportunities_for_Teaching_Development/links/5c5e7e72299bf1d14cb67db3/Reviewing-the-Effect-in-the-Practice-of-Lesson-Study-Opportunities-for-Teaching-Development.pdf#page=334
  91. How do Prospective Teachers Manage Students’ Learning of Mathematics?. Jurnal TEM. 2019. http://www.temjournal.com/content/82/TEMJournalMay2019_677_685.pdf

29 Komentar

  1. tiopan berkata:

    Jazakumullah…, jurnal dan makalahnya muantap banget, maturnuon ya

    Suka

  2. furnanila berkata:

    sukses buat Bp. Tatag… manfaat bangets tulisannya… ada ga pa tentang pengertian pembelajaran berbasis masalah menurut para ahlinya??? kalo ada tlg di kirim ke jaenarifi@yahoo.co.id. TERIMAKASIH, HATUR NUHUN>>>???

    Suka

  3. Nurhikmah Dewi berkata:

    bapak tatag, ada tentang Pendekatan Problem Posing pak…. Kalau ada tolong dikirim ke nurhikmahdewi73@yahoo.com

    Disukai oleh 1 orang

  4. Ariya Pratama berkata:

    super banget pak jurnal dan makalahnya,, saya sangat terbantu dengan adanya tulisan-tulisan bapak!
    saya boleh request tidak, tentang model pembelajaran project based learning. jujur saya masih minim pengetahuan dengan model itu terima kasih,,

    Disukai oleh 1 orang

  5. Kia Aja berkata:

    Luar biasa tulisan nya….
    Jazakallah y pak…
    semoga mnenjadi amal jariyah nantinya…

    Suka

  6. mahinmuhammad berkata:

    Pak Tatag, kalau berkenan, membuat artikel tentang bagaimana membuat karya tulis yang bagus Pak. Saya masih belum benar-benar tahu bagaimna membuat karya tulis yang bagus (berbobot), ingin mengikuti jejak Pak Tatag dalam membuat tulisan yang bermanfaat. Terimakasih sebelumnya.

    Suka

  7. Rino Richardo berkata:

    assalamu’alaikum pak tatag..
    bapak ada email dosen kampus luar negeri yang penelitiannya sejenis dengan bapak kaitannya dengan berpikir matematis..
    kalau ada saya mau korespondensi dengan beliau2… saya sudah cari pak tp belum jumpa..
    terimakasih pak tatag.. sukses selalu

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Terima kasih bapak. Coba Prof Kaye Stacey dari University of Melbourne. Atau cari dari Google scholar penelitian yang terkait bisa langsung terlihat. Semoga sukses

      Suka

      • Rino Richardo berkata:

        baik pak terima kasih.. akan saya coba
        kebetulan saat pasca diUNS pembimbing saya pak Gatut (almarhum) dan pak Budi Usodo,, penelitian saya juga terkait dengan berpikir kreatif dan beberapa penelitian pak tatag juga saya jadikan referensi…

        Suka

  8. Agus berkata:

    Assalamu Alaikum Pak Tatag …
    Saya sedang mengerjakan tugas akhir berkaitan dengan “Problem posing tipe post solution posing“.
    Saya masih kekurangan referensi tentang itu, misalnya tentang sintaksnya.
    Sekiranya bapak punya referensi tentang itu, saya minta tolong agar bapak berkenang mengirimnya ke “aguzt.now4all@gmail.com“.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Suka

  9. Mohon izin download dan merujuk artikel bertema berpikir kreatif.
    terima kasih..

    Suka

  10. abdul hakim berkata:

    matur suwun. lemah teles

    Suka

  11. Muhammad shaleh berkata:

    aslamu,alaikum pak tatag…
    ada tidak referensi tentang “berfikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa??

    Suka

  12. Muhammad shaleh berkata:

    aslm. pak tatag…
    maaf mau tanya,,, ada referensi tentang “berfikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa”??

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Walaikumsalam
      Kalau langsung tidak ada, harus dihubungkan sendiri. Silakan googling tentang kecerdasan emosional dan dirasonalkan dgn.berpikir kreatif. Semoga sukses

      Suka

      • Muhammad shaleh berkata:

        kira kira ada tidak teori yang mendukung tentang hubungan kecerdasan emosional dengan berfikir kreatif?
        sy sdh googling tp belum ketemu…
        Aamiin…
        terimakasi pak tatag…

        Suka

  13. Muhammad shaleh berkata:

    Aslm…pak tatag.
    mau mau tanya, ada tidak referensi tentang ” proses berfikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika di tinjau dari kecerdasan emosional siswa??

    Suka

  14. yuliyati berkata:

    Assalaamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh, Selamat Pak Tatag satu-satunya dosen Unesa masuk Google Scholar H-Index (9) – bagi-bagi ilmunya Pak.

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Walaikumsalam bu

      Terima.kasih, suatu saat pasti bu yuli bisa mencapai itu. Yang penting tulis saja dan bagi dengan orang lain. Dicitasi atau tidak itu hitungan nomer berikutnya.
      Semoga sukses semua.

      Suka

Tinggalkan komentar