Mengajar, Meneliti, dan Mengabdi

Beranda » Mengajar » Dasar-Dasar Matematika

Dasar-Dasar Matematika

Kompetensi Dasar: Mahasiswa mampu memahami matematika sebagai struktur deduktif-aksiomatis, logika dan himpunan serta mempunyai komitmen dalam menyelesaikan setiap tugas.

Deskripsi Mata kuliah: Mengaji karakteristik matematika, sistem dan struktur deduktif-aksiomatis, operasi logika, kuantor, penarikan kesimpulan, himpunan, relasi dan fungsi melalui pembelajaran aktif berbantuan media presentasi.

Referensi:

  1. Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.
  2. Yunus, M. 2007. Logika: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Kunnen, K. 2007. The Foundation of Mathematics.
  4. Stoll, R. R. 1979. Set Theory and Logic. New York: Dover Publication, Inc

 

Pertemuan

ke-

Kemampuan Akhir* Indikator Bahan Kajian** Strategi Pembelajaran Sumber  Belajar/ Media Pengalaman Belajar
1-3 Memahami Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit. ·        Menjelaskan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.

·        Menerapkan Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.dalam matematika dan kehidupan sehari-hari

· Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit. Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

Media PPT

·  Mengaktifkan mahasiswa de-ngan berdiskusi dan tanyaja-wab tentang Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit.

·  Mengaktifkan mahasiswa de-ngan berdiskusi untuk menye-lesaikan masalah matematika dan dalam kehisupan sehari-hari sehari-hari dengan menerapkan  Pola Pkir Induktif dan Deduktif, Sistem aksioma, teorema definisi, dan Geometri Finit..

4-5 Memahami Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen ·        Menjelaskan konsep Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.

·        Menerapkan konsep Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen.

Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

 

Media PPT

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi dan tanya-jawab tentang Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi untuk menye-lesaikan masalah sehari-hari dengan menerapkan  konsep Logika, Kata hubung dalam logika, tautology, kuantor, premis dan argumen

6-7 Memahami validitas pembuktian, pembuktian tak lang-sung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik ·        Menjelaskan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak lang-sung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik

·        Menerapkan konsep validitas pembuktian, pembuktian tak lang-sung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik

validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

 

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi dan tanya-jawab ten-tang validitas pembuktian, pem-buktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jaringan listrik

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menerapkan  konsep validitas pembuktian, pembuktian tak langsung, dan aplikasi logika dalam jarngan listrik

8
9-10 Memaham himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa ·        Menjelaskan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa

·        Menerapkan konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa

himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

 

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi dan tanya-jawab ten-tang himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menerapkan  konsep himpunan dan operasinya, keluarga himpunan,  dan himpunan kuasa

11-12 Memaham relasi dan fungsi ·        Menjelaskan konsep relasi dan fungsi

·        Menerapkan konsep relasi dan fungsi

Relasi dan fungsi Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) I Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

 

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi dan tanya-jawab ten-tang relasi dan fungsi

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menerapkan  konsep relasi dan fungsi

13-15 Memahami Kardinalitas himpunan, Poset dan Himpunan yang similar ·        Menjelaskan kardinalitas konsep himpunan, Poset dan Himpunan yang similar

·        Menerapkan kardinalitas konsep himpunan, Poset dan Himpunan yang similar

Kardinalitas himpunan, Poset dan Himpunan yang similar Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif (Ceramah, diskusi, dan tanya jawab) Masriyah, 2014. Pengantar Dasar Matematika, Surabaya.

 

 

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi dan tanya-jawab ten-tang Kardinalitas himpunan, Poset dan Himpunan yang similar

·  Mengaktifkan mahasiswa dengan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menerapkan  konsep kardinalitas himpunan, Poset dan Himpunan yang similar

16

 

Ini bahan kuliah DDM.

AKSIOMATIK

Logika

Himpunan


39 Komentar

  1. yasir berkata:

    i want up load your file about pdm

    Suka

  2. Dea Yusanwati berkata:

    NIM: 073214035
    Mohon kiriman materi PDM. Bagaimana caranya Pak? Apa Nanti dikirim di email saya? Saya kok masih bingung cara ambil materi tersebut ya Pak?

    Suka

  3. tatagyes berkata:

    Ya saya akan uploadkan, cuma ini pakai di jurusan belum bisa…tunggu ya. Selamat belajar.

    Suka

  4. tatagyes berkata:

    Sekarang anda dapat mengambil file materi PDM. caranya klik kanan pada aksiomatik, logika, atau himpunan salah satu diantaranya, lalu akan tampil transparan dalam pdf. ANDA bisa mengambil dengan men-save-nya. TERIMA KASIH, SELAMAT BELAJAR. RABU, 14 NOV 2007 AKAN DIADAKAN MID SEMESTER. Materi aksiomatik dan logika.

    Suka

  5. Raditya P W berkata:

    WAH.. TERIMAKASIH YA PAK ATAS MATERINYA…

    SEMOGA BISA SAYA PELAJARI DENGAN BAIK…

    Suka

  6. hadi purwono berkata:

    pak,kalo bisa jurnal dan materi kuliah di kirimkan ke Email ank mat semua

    Suka

  7. arista berkata:

    Asslam..maaf pak,saya kok tidak bisa menemukan tugas yang bapak berikan untuk kelas 2008A..dimana saya bisa menemukannya ya pak??
    terima kasih..
    Wasslam…

    Suka

  8. tatagyes berkata:

    Cermati lagi! Kapan anda akan belajar kalau hanya minta ditunjukkan saja. Apa kata dunia?

    Suka

  9. arista berkata:

    terima kasih atas petunjuknya pak…….

    Suka

  10. Rina A berkata:

    Pak saya uda ngambil materi ttg “aksiomatik”……….

    Makasih y, , , P’….!!!!

    Suka

  11. Rina A berkata:

    Pak saya uda ngambil materi ttg “aksiomatik”……….

    Trimakasih , , , ….!!!!

    Suka

  12. shofiyah berkata:

    best regard for you, Sir!
    i like this way in our lectures
    hope you can improve this way systematically in our departement

    Suka

  13. Ari Wahyudi. N berkata:

    pak piye to pak materi soal logika kok sulit di download alias gagal terus kalo aksiomatik sama himpunannya top abis pak bisa di download jadi mohon bantuan untuk download yang tentang logika simbolik ya kalo tidak ngrepotin bapak tolong kirim ke alamat email saya pak trima kasih banyak pak
    saya mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Mohon Maaf Lahir dan Batin Pak

    Suka

  14. Tri Sianna W(053174018) berkata:

    Assalamualaikum Wr.wb.
    Menindaklanjuti masalah tentang berapa jumlah segiempat yang terbentuk pada geometri 4 titik, saya akan mencoba menjawab pak.
    JAWAB:
    Ada 4 titik yang berbeda, misalkan A, B, C, dan D
    dari 4 titik tersebut terbentuk 6 ruas garis yaitu
    AB=BA , ruas garis1
    BC=CB, ruas garis 2
    CD = DC, ruas garis 3
    AD = DA, ruas garis 4
    AC= CA, ruas garis 5
    BD = DB, ruas garis 6

    Maka segiempat yang terbentuk adalah
    segiempat ABCD, tersusun dari ruas garis : 1-2-3-4
    Segiempat ABDC, tersusun dari ruas garis : 1-6-3-5
    Segiempat ACBD, tersusun dari ruas garis : 5-2-6-4

    Jadi, jumlah segiempat yang terbentuk dari 4 buah titik (pada geometri 4 titik) adalah 3 buah

    Demikian jawaban saya atas soal tantangan Bapak, terima kasih.

    Suka

  15. tatagyes berkata:

    Masak sulit Ari? Berusahalah jangan letoi. Tri sianna dan yang lain coba buat teorema yang baru.

    Suka

  16. MenuruT hasiL disKusi kami tentang berApa banyak segi empat dalam geoMetri 4 titik, kami menemuKan 3 buah segi empat yang berbeDa.
    Alasan :

    Definisi segi-4 (kesepakatan kita kemaren) adalah bangun yg dibatasi oleh empat garis.
    Jika masing-masing titik dilabeli A,B,C dan D maka garis yang terbentuk adalah AB,AC,AD,BC,BD,dan CD.Maka segi-4 yang terbentuk adalah:
    1. Segi-4 ABCD
    2. Segi-4 ACDB
    3. Segi-4 ADBC

    Terbukti bahwa terdapat tiga segi-4 yang berbeDa.

    Terima kasih atas perhatiannya. . . . .

    Suka

  17. Tri Sianna W (053174018) berkata:

    pak, saya akan mencoba menjawab beberapa tantangan bapak di kuliah PDM tgl 21 Nov 08.
    1. Buktikan himpunan kosong adalah himpunan bagian dari sebarang himpunan A!
    Bukti: A adalah sebarang himpunan
    Ac adalah himpunan komplmen himpunan A
    irisan dari himpunan A dan Ac adalah himpunan kosong (definisi irisan himpunan komplementer)
    jadi himpunan kosong adalah himpunan bagian dari Ac
    himpunan kosong adalah himpunan bagian dari A (Terbukti)
    2. Buktikan A subset A, untuk sebarang himpunan A
    Bukti:
    misal p adalah pernyataan yang menyatakan bahwa himpunan A proper subset himpunan A
    q adalah pernyataan yang menyatakan himpunan A= himpunan A
    himpunan A subset himpunan A adalah pernyataan p atau q

    karena himpunan A = himpunan A, maka pernyataan q bernilai benar.
    karena q bernilai benar, maka apapun nilai kebenaran p,
    nilai kebenaran p atau q adal;ah benar.
    jadi terbukti

    3.Buktikan untuk A // B maka irisan bagian himpunan A dan himpunan B adalah himpunan kosong!
    Bukti:
    *)A // B, maka B subset dari Ac(himpunan A komplementer)
    *)irisan bagian himpunan A dan himpunan Ac adalah himpunan kosong (definisi komplementer irisan bagian )
    maka irisan himpunan A dan subset dari himpunan Ac adalah himpunan kosong juga.
    jadi terbukti bahwa irisan himpunan A dan himpunan B adalah himpunan kosong

    sekian dulu pak, sisa teorema2 yg lain akan menyusul.
    trima kasih atas perhatiannya

    Suka

  18. Ari Wahyudi N (043174303) berkata:

    pak saya mencoba untuk membuktikan soal kemarin bahwa :
    (a) A adalah subset dari A itu sendiri
    Bukti :
    Misal bahwa A bukan subset dari A, maka akibatnya adalah A tidak sama dengan A itu sendiri. hal ini kontradiksi dari sifat himpunan. Karena tidak mungkin bahwa setiap himpunan ekivalen terhadap dirinya sendiri, maka A adalah subset dari A itu sendiri
    (b) Himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari semua himpunan.
    Bukti:
    Misal:
    A= {a1,a2,a3…….an}
    B= {b1,b2,b3…….bn}
    maka :
    AnB = { }
    dengan menggeneralisasikan bahwa jika setiap himpunan diiriskan dengan himpunan yang berbeda anggotanya maka hasilnya adalah { } atau himpunan kosong
    (c) Buktikan bahwa banyak anggota himpunan kuasa adalah 2^n
    Bukti:
    Misalkan : P(n): proposisi “himpunan hingga dengan n anggota mempunyai 2 n subhimpunan”.
    1. Langkah basis:
    P(0) benar, karena himpunan dengan nol
    anggota, yaitu himpunan kosong,
    mempunyai tepat 2^0 = 1 subhimpunan.
    2. Langkah induktif:
    Asumsikan bahwa P(k) benar untuk
    semua k, yaitu himpunan dengan k
    anggota mempunyai 2^k subhimpunan.
    Kita perlu menunjukkan bahwa P(k + 1)
    benar, yaitu himpunan dengan (k+1)
    anggota mempunyai 2^(k+1) subhimpunan.
    Misalkan T: himpunan dengan k+1 anggota.
    Dapat ditulis T = S U {a} dengan a anggota T
    dan S = T – {a}.
    Untuk setiap subhimpunan X dari terdapat
    tepat dua subhimpunan T, yaitu X dan X
    U {a}, yang membentuk semua
    subhimpunan T dan semuanya berbeda.
    Jadi, terdapat 2 . 2 ^k = 2^(k+1) subhimpunan
    Maaf, pak itu menurut saya tapi kalo salah mohon petunjuknya trima kasih o ya pak gmana jawaban soal saya kemarin yang intgrl dari e^x-1/e^x-3 dx pak sekali lagi terima kasih

    Suka

  19. saya ingin membuktikan:
    1. ” { } subset dari semua himpunan”

    Bukti :
    berdasarkan definisi { } subset dari himpunan misal A yaitu :

    ” untuk setiap x elemen { } berlaku jika x elmen { } maka x elemen A”
    Dengan menggunakan logika :
    1. x elemen { } bernilai “salah”
    2. x elemen A ada 2 kemungkinan yaitu dapat bernilai “salah” dan “benar”.
    dari 1 dan 2, dengan implikasi dan tabel kebenaran maka diperoleh:
    jika “S” maka “B” hasilnya “B”
    dan jika “S” maka “B” hasilnya “B”
    maka terbukti, { } subset dari semua himpunan.

    saya hanya bisa yang ini.bukti lain menyusul.

    Suka

  20. teorema : { } subset dari A

    Bukti :
    berdasarkan definisi subset :
    untuk setiap x elemen himp kosong berlaku jika x elemen himp kosong maka x elemen A

    dengan menggunakan logika :

    1. x elemen { } bernilai “S”
    2. x elemen A dapat bernilai “S” ataupun “B”

    dari 1 dan 2 :
    * Jika “S” maka “S” nilai kebenarannya “B”
    ** Jika “S” maka “B” nilai kebenarannya “B”
    maka teorema tersebut benar

    Suka

  21. Heri Kisswanto 2008 A berkata:

    Assalamu’alaikum …..pagi pak Tatag…….saya ingin mengucapkan terima kasih atas materi yan telah bapak berikan meskipun saya ada beberapa yang belum paham tapi saya akan berusaha untuk mendalaminya……saya minta do’a restu dari bapak semoga ilmu yang saya barokah amin dan tips-tips agar bisa mudah menerima materi dan tidak mudah lupa hehehe….makasih ya pak……semoga bapak diberi kesehatan, panjang umur dan rahmad-NYA amin

    Suka

  22. sani berkata:

    pak saya ingin mendownload mengenai soal-soal himpunan bilangan-bilangan.

    Suka

  23. Merry Ginting berkata:

    pak, saya mau load up tentang “Himpunan dan Subhimpunan”.

    Suka

  24. asra berkata:

    Terimakasih materinya.
    Saya Asra dari Kendari, dulu mahasiswa bapak di Pasca Unesa.
    Kebetulan saya ngajar PDM di PTS daerah saya, Konawe Sultra. sayangnya saya tak ada buku paket pegangan, belum sempat beli karna Prodi Matematika baru buka. Untung ada materi ini walau hanya powerpointnya.
    Mohon bantuan, judul buku pegangan yang tepat.
    Terima Kasih!

    Suka

    • tatagyes berkata:

      Oh bapak Silakan. Bukunya biasanya gabungan dari beberapa buku. Disini ada tulisan bu masriyah yang bisa digunakan. Semoga sukses bapak.

      Suka

  25. danang berkata:

    pak,saya ingin mendownload PDM tentang Pemetaan dan kardinalitas.

    Suka

  26. tatagyes berkata:

    Silakan didownload. Sukse selalu

    Suka

  27. fariz berkata:

    maaf…
    bab tentang relasi fungsi ada tidak ?

    Suka

  28. ipungcity berkata:

    sy butuh materi kuliah Pengantar dasar Matematika, bsa dibantu. tol kl bsa dikirim lewat Email : kusmaryonoi@yahoo.co.id. Thanks

    Suka

  29. gusti berkata:

    trimakasih banyak

    Suka

  30. mahasiswa matematika UNESA berkata:

    Doain pak agar besok UAS pdm sukses!!

    Suka

  31. bunga teratai berkata:

    trimksih pak atas materinya. meski sy bukan mahasiswi bpak, tp materi ini sangat brmanfaat utk sy.
    FKIP matematika UNASMAN suLbar.

    Suka

  32. Ali Syahbana berkata:

    Terima kasih pak atas info-infonya, termasuk nama-nama jurnal pendidikan yg telah Bapak cantumkan, padahal selama ini saya terus mencarinya.
    Buku-buku yg Bapak tulis juga bagus-bagus.

    Suka

Tinggalkan komentar